Beli Reksadana Tanpa Biaya Transfer Beda Bank Dengan Flip.id

Setelah pada artikel Memulai Berinvestasi di Bareksa sebelumnya disebutkan jika pada saat pembelian reksadana tidak jarang Bank yang kita gunakan dengan Bank kustodian berbeda, sehingga mengakibatkan adanya biaya transfer antar bank yang berbeda pada setiap transaksi pembelian reksadana. Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, artikel kali ini akan menjelaskan langkah-langkah bagaimana menggunakan Flip.id sebagai jembatan transaksi antar Bank pada pembelian reksadana agar tidak terkena charge/biaya transfer antar beda Bank.

 

Pembuatan Akun Flip.id

Pembuatan akun Flip cukup mudah, kita hanya diminta mengisi data diri, email, password, dan isian lainnya. Namun pada proses verifikasi data diri yang sedikit memakan waktu. Berikut tahapan pembuatan akun Flip lewat website secara singkat.

  1. Kunjungi website Flip.id dan klik pada “Daftar Flip” atau langsung kunjungi https://flip.id/site/signup
  2. Isikan data yang diminta berupa email, nama lengkap ,dan password.
  3. Setelah membuat akun Flip, kita diminta untuk melakukan konfirmasi data diri dengan mengupload scan/foto KTP/sejenis, foto kita sedang berselfie dengan KTP/sejenis, dan foto kita sendiri.
  4. Tunggu hingga proses verifikasi selesai oleh pihak Flip, hingga kita bisa melakukan transfer antar bank gratis.

 

Transfer Beda Bank Dengan Flip.id

Setelah selesai membuat akun Flip, sekarang kita mulai melakukan pembelian reksadana di Bareksa dengan Flip sebagai perantara pembayaran agar tidak dikenakan biaya transfer antar beda Bank. Berikut tahapaannya.

    1. Lakukan pembelian reksadana di Bareksa, sebagai contoh saya melakukan pembelian seharga Rp 300.000
    2. Pada halaman konfirmasi pembayaran dapat dilihat kalau Bank kustodian Manajer Aset Reksadana yang akan saya beli adalah Bank BCA, sedangkan saya akan menggunakan Bank BRI untuk pembayaran.
    3. Kemudian kita buka website Flip (sebagai contoh saja saya hanya gunakan website, meskipun Flip sudah ada Aplikasi untuk handphone) Kemudian pilih “Kirim Uang” dan isikan data yang diminta, seperti contoh dibawah. Isikan “BERITA” dengan nomor order kita di Bareksa.
    4. Setelah menyelesaikan isian data tadi, kita ditujukan pada tahap “Rincian Transfer” dimana terlihat jumlah dana yang harus kita transfer ke rekening BRI (rekening Bank Flip yang sama dengan rekening Bank milik kita) untuk kemudian akan Flip teruskan dana tersebut ke bank tujuan (Bank Kustodian).
    5. Transfer sejumlah dana yang diminta ke nomor rekening milik Flip yang tertera, pastikan jumlahnya sesuai dengan yang diminta, sebab akan mempermudah proses verifikasi oleh Flip. Kelebihan dana juga akan dikembalikan dalam bentuk deposit di akun Flip kita.
    6. Setelah melakukan transfer ke rekening BRI milik Flip, selanjutnya pilih “Saya Sudah Transfer” dan pilih “Unggah Bukti Transfer *Gambar selanjutnya dibawah ini diakses menggunakan Handphone

  • Selanjutnya kita tunggu hingga semua proses transaksi selesai.

  • Setelah proses transaksi selesai, kita dapat unduh bukti transfer dari Flip.

  • Unggah bukti transfer yang sebelumnya diunduh dari Flip ke halaman “Konfirmasi Pembayaran” pembelian reksadana di Bareksa.

Transaksi pembelian Reksadana dengan Flip sebagai perantara pembayaran untuk menghindari biaya transfer beda Bank pun selesai setelah status order Reksadana sudah “Approved”.

 

Sekian artikel pembelian Reksadana dengan menggunakan Flip sebagai perantara pembayaran beda Bank kali ini, Semoga bermanfaat. Artikel ini akan terus di update dengan informasi yang berkaitan. Terima kasih 🙂

 

Leave a Reply