Memulai Investasi Reksadana di Bareksa

Tentang Bareksa dan Startup Fintech

 

Logo Bareksa.com

Perkembangan dunia digital yang kian pesat belakangan ini telah banyak menghasilkan berbagai macam inovasi yang digunakan oleh manusia. Banyak dilakukan simplifikasi dan digitalisasi metode-metode konvensional maupun munculnya produk-produk digital baru buah hasil pemikiran dan pemrograman para pengembang. Bareksa adalah satu dari banyak startup di bidang fintech yang berfungsi sebagai marketplace reksadana online, dimana didalamnya kita bisa membeli berbagai jenis reksadana dari berbagai macam manajer investasi yang tersedia. Salah satu kelebihan bareksa ialah tidak diperlukannya pengiriman dokumen dalam bentuk fisik dalam pendaftaran dan pembuatan akun, semua dilakukan secara online melalui website. Untuk mulai menabungpun, diberikan batas paling kecil sebesar 100.000 Rupiah, tergantung dari jenis reksadana dan manajer investasinya. Kelebihan itulah yang membuat Bareksa cocok menjadi salah satu platform marketplace reksadana online baik untuk pemula maupun profesional. Artikel ini dibuat berdasarkan antusiasme orang-orang yang bertanya di media sosial milik Bareksa.com, perihal bagaimana memulai investasi reksadana di Bareksa, semoga bermanfaat.

 

Pembuatan Akun dan Aktivasi

Seperti yang tadi sudah dituliskan, pembukaan akun nasabah di Bareksa sepenuhnya menggunakan sistem online melalui website dan penyisipan tanda tangan calon nasabah menggunakan browser dan touchscreen pada handphone. Langkah-langkah singkat yang dilakukan dalam pembuatan akun Bareksa adalah seperti berikut:

  1. Buka web Bareksa dan klik pada pilihan “Buka Account” atau kunjungi link berikut https://www.bareksa.com/reksadana/public/id/client/register/step_1?
  2. Isikan semua kolom isian dan pilihan, juga jangan lupa centang kotak persetujuan syarat dan ketentuan.
  3. Tanda tangan elektronik menggunakan handphone touchscreen dengan meng-klik tautan/link yang dikirimkan di handphone.
  4. Setelah mengunggah/upload dokumen yang diminta, selanjutnya tinggal menunggu proses validasi dan verifikasi berkas dan data oleh pihak Bareksa selama 1×24 jam hari kerja. Aktifasi akun yang berhasil ataupun bermasalah akan kita terima lewat email.

 

Pembelian Unit Reksadana

Pembelian unit reksadana dapat dilakukan melalui website maupun aplikasi android Bareksa atau Ios, pembelian juga dapat dilakukan melalui pihak lain yang bekerjasama dengan Bareksa, seperti pembelian lewat Doku Wallet, maupun BukaLapak(BukaReksa) update 5 maret 2018: Pembelian reksadana untuk produk reksadana tertentu juga sudah bisa dilakukan lewat platform Tokopedia. Namun pilihan manajer investasi dan jenis reksadana akan dibatasi jika pembelian dilakukan bukan lewat platform Bareksa langsung. Namun ada keuntungan tambahan bagi yang melakukan pembelian melalui bukareksa, yaitu minimum pembelian hanya sebesar 10.000 Rupiah. berikut langkah singkat pembelian unit reksadana di Bareksa:

  1. Setelah login, klik menu Pembelian. Pada langkah pertama/step 1, kita diminta memilih jenis reksadana, manajer investasi, dan nama reksadana.
  2. Akan muncul form pengisian jumlah pembelian reksadana yang sebelumnya kita pilih. Tapi jika sebelumnya kita belum menentukan reksadana mana yang akan dipilih, kita dapat melihat berbagai produk reksadana yang ditawarkan, lengkap dengan history performa dan imbal hasil keuntungan sebelumnya. Untuk melihat macam produk reksadana yang ditawarkan, klik pada menu “Produk”.
  3. Setelah memasukan nilai nominal pembelian unit produk, selanjutnya kita disarankan untuk membaca sekilas “keterangan ringkas” yang berisi informasi mengenai jumlah aset dalam manajemen, portofolio, bank kustodian, dan keterangan-ketarangan lainnya yang berhubungan dengan produk reksadana yang akan kita beli.
  4. Selesai melakukan konfirmasi pembelian, selanjutnya silahkan lakukan pembayaran sesuai keterangan yang diberikan.
  5. Setelah melakukan pembayaran, lakukan konfirmasi pembayaran sesuai keterangan yang diberikan. Dan jika ada kekeliruan dalam pembayaran, silahkan hubungi customer service Bareksa. (Berdasarkan pengalaman penulis, Respon CS Bareksa kurang dari 2×12 jam pada hari kerja dan jam kerja via email).

 

screenshot

*Kotah Hijau : contoh status pencairan reksadana berhasil
*Kotak Merah : contoh status pembelian reksadana gagal/ditolak/bermasalah
*Kotak Abu : contoh status pembelian reksadana berhasil

Pertanyaan dengan Jawaban Berdasarkan Pengalaman Penulis

  • Bagaimana jika konfirmasi pembayaran dinyatakan gagal, padahal kita sudah transfer sejumlah dana(bisa karena pesan konfirmasi pembelian kita gagal terkirim, dll)? jawab: Silahkan hubungi CS via email disertai keluhan dan bukti transfer. Kemudian pembelian akan menggunakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) pada hari dimana  dilakukan konfirmasi tersebut via CS.
  • Pencairan aset reksadana sudah dilakukan sejak 7 hari, tetapi dana-nya belum masuk ke rekening saya? jawab: jarak pencairan dengan ditransfernya dana ke rekening kita ialah paling lambat 2 hari setelah status redemption completed.
  • Pembelian reksadana saya selalu terpotong biaya transfer antar bank, karena bank kustodian berbeda dengan bank yang saya pakai? jawab: Transfer antar bank kita dengan bank kustodian yang berbeda dapat menggunakan Flip.id agar tidak dikenakan biaya transfer. (penggunaan flip untuk transfer antar bank kustodian reksadana akan menyusul/di update di artikel ini) *Artikel penggunaan Flip.id telah di post pada link berikut: http://satrio.web.id/beli-reksadana-tanpa-biaya-transfer-beda-bank-dengan-flip-id/

 

Istilah yang dipakai pada artikel

  • Fintech : Financial Technology, penerapan teknologi informasi di bidang keuangan.
  • Startup : Perusahaan pada bidang teknologi informasi yang baru dibangun / di rintis.
  • Doku Wallet : Layanan dompet digital untuk menyimpan uang dan melakukan pembayaran.
  • BukaReksa : Layanan jual beli reksadana online dari Bukalapak
  • Flip.id : Aplikasi transfer uang antar bank tanpa biaya.
  • Bank Kustodian : Bank yang bertugas mewakili kepentingan investor dalam mengurus administrasi dan mengawasi aset reksadana.
  • Nilai Aktiva Bersih (NAB) : Harga bersih suatu reksadana, biasanya dalam satuan NAB per unit penyertaan atau NAB total, cara menghitung NAB reksadana bisa dilihat di website finansialku https://www.finansialku.com/pengertian-nilai-aktiva-bersih-nab-cara-menghitungnya/

Investasi Reksadana menawarkan keuntungan yang menarik, reksadana saham memberikan potensi keuntungan yang paling besar dengan resiko yang juga besar, reksadana pasar uang sebaliknya, memberikan potensi keuntungan yang relatif kecil tetapi dengan resiko yang juga kecil. Aset reksadana juga terhitung mudah dan cepat jika butuh dicairkan sewaktu-waktu. Pemilihan manajer investasi dan jenis reksadana yang tepat dapat memberikan potensi keuntungan yang besar dan maksimal. Sekian artikel mengenai investasi reksadana di platform Bareksa kali ini.

*Artikel ini di posting pada 17 Februari 2018 dan terakhir di perbaharui tanggal : 4 April 2018

Leave a Reply